Broadcasting: Basic and Advanced Principles

The course has Started!

Saturday June 10, 2015 – Monday August 17, 2015

  • 3 months
  • 4-6 hours of work / week
  • 6:00pm – 8:00pm

Course Brief

Kursus ini akan membahas tentang teknologi dalam broadcasting baik dalam radio maupun televisi.Dasar broadcasting merupakan syarat untuk materi lanjutan Jurnalisme Media dan Sinematografi. Dalam beberapa materi tersebut, dibutuhkan pemahaman dasar tentang broadcasting secara jelas.

Selain itu, dasar broadcasting juga akan membahas tentang berbagai materi terkait dunia penyiaran. Di antaranya adalah sistem telekomunikasi (frekuensi, sistem satelit), teknik audio dan video, keahlian tradisi oral/lisan dalam bidang broadcasting (senam mulut dan olah vocal), manajemen pengelolaan radio dan televisi, dasar-dasar pemrograman, karakteristik radio siar, karakteristik televisi, teknik editing, penyutradaraan, iklan, kebijakan penyiaran, dan sebagainya.

Course Schedule

Week 1:

  • Day 1:

    Mekanisme dasar penyiaran baik dari sisi teknologi dan kebijakan yang berkaitan dengan konten penyiaran.

  • Day 2:

    Karakteristik-karakteristik dari media penyiaran baik radio maupun televisi dalam rangka memahami bagaimana mekanisme memproduksi konten yang baik bagi kedua bentuk media yang ada.

Week 2:

  • Day 1:

    Langkah-langkah ideal dalam memproduksi content media massa dan pengaturan waktu di dalamnya.

Day 3:

  • 08:00 am:

    Script, storyboard, shoot list, maupun transkrip naskah sebagai rangkaian dari proses produksi televisi dan radio dengan tema yang telah ditentukan sebelumnya.

  • 11:00 am:

    Teknik pemanfaatan kamera dan mengoperasikan software editing dalam rangkaian proses produksi dan post produksi radio dan televisi.

Video Presentation

Course Info

Workshop Jurnalistik Penyiaran akan melatih peserta untuk mengenal prinsip, teknik, dan keterampilan jurnalisme kontemporer melalui kombinasi ceramah, demonstrasi, produksi langsung di kelas, dan pekerjaan berbasis proyek.

Setiap peserta dapat menghasilkan berita, dilengkapi dengan dengan set-up kamera tunggal yang diedit melalui Pc. Workshop intensif ini memberikan pengenalan mendasar tentang keterampilan digital dan jurnalistik yang diperlukan. 

FAQs

Peserta harus mengidentifikasi dan menetukan subjek sendiri, memilih dan menetapkan lokasi, menyiapkan peralatan, mengatur persiapan dan penyiapan lokasi, dan melakukan pengecekan teknis akhir. Peserta diminta untuk mengedit dan menyampaikan hasil pekerjaan mereka untuk dievaluasi dan diberikan masukan atau kritik.

Peserta menggunakan merekam suara yang menceritakan sebuah peristiwa sesuai objek yang dipillih melalui media audiovisual. Setiap objek harus dilengkapi dengan video, foto, menulis draft, menceritakan dan mengedit segmen selama durasu 30 detik. Aspek penilaian mencakup: menemukan peristiwa, melaporkan peristiwa, menetapkan dan mengabsahkan peristiwa, menulis peristiwa, merekam narasi untuk peristiwa, dan mengedit naskah peristiwa

Setiap peserta mengenalkan ide yang layak diberitakan. Peserta merekam peristiwa tersebut, melakukan wawancara , menulis, mengedit dengan struktur berita judul, lead, isiberita, ending. Sebagai tambahan peserta akan dilatih melakukan “stand-up” yaitu penampilan di tempat reporter on-camera. Durasi Berita sekitar 2 menit.

Wawancara mendalam merupakan cara untuk mengidentifikasi subjek wawancara yang baik, lokasi yang tepat dan keterampilan dan teknik mengajukan pertanyaan yang menimbulkan berita, cerita dan / atau informasi penting yang relevan. Peserta akan berlatih dengan durasi 4 menit.

Speakers

Lory Hendrajaya
Broadcasting Specialist

Mentor untuk bidang broadcasting penyiaran Radio.

Direktur Radio Buttasalewangan FM.

Ilham Halim Syah
Konten Berita Specialist

Mentor bidang pembuatan dan penulisan konten berita dari peristiwa tertentu yang dipilih.
Humas Pemkab Maros dan Koresponden Tribun Timur.

Sponsors

Place on Map

Join Course