×

Blog

Mengapa perlu e-Diklat?

Salah satu faktor penunjang keberhasilan mengusai materi adalah melalui proses literasi secara berkesinambungan terhadap sumber belajar atau materi diklat. Resitasi menjadi bagian yang penting untuk merecall materi yang telah disajikan oleh widyaiswara pada saat diklat berlangsung. Dalam prosesnya tentu setiap peserta berbeda dalam menerima dan memahami semua instruksi, dan tuntutan setiap materi ajar. Karena alasan tersebut, maka bisa jadi beberapa peserta diklat membutuhkan waktu lebih untuk mengomunikasikan materi dan bahan ajar dengan widyaiswara diliuar jam tatap muka yang disediakan.

Pola blended learning yang memadukan antara tatap muka konvensional dalam kelas dengan membangun kelas virtual adala solusi alternatif untuk membuka dan menyediakan waktu yang lebih bagi peserta untuk melakukan pengulangan atau pendalaman materi dan bahan ajar yang disampaikan. Model ini sebenarnya sudah dimulai sejak lama, meskipun pada lingku diklat formal yang dilaksanakan oleh Lembaga MSDM pemerintah belum mengadopsinya secara keseluruhan.

Beragam flatform yang sudah tersedia yang dapat digunakan seperti Google Suite, Google Education, Google Clasroom, Google Site menjadi paltform gratis yang disediakan google.

Mengapa Harus e-Diklat

Salah satu pertimbangan hingga diklat jarak jauh diperlukan karena akan mendorong peserta untuk belajar secara mandiri. Hal ini sengat memungkinkan karena peserta adalah orang dewasa yang dalam proses diklat menggunakan pendekatan adragogie yang memang cenderung peserta telah memiliki pengetahuan dan pengalaman. Melalui diklat jarak jauh akan memungkinkan peserta dapat mencapai tujuan diklat secara mandiri meskipun tidak melakukan proses tatap muka langsung di dalam kelas.

Pelaksanaan ediklat tentu akan lebih efektif dan efisien paling tidak dari aspek anggaran dan waktu pelaksanaan. Selain itu, daya jangkau diklat akan lebih luas dan dapat diikuti oleh seluruh ASN. Berbeda jika dilaskanakan secara non virtual atau konvensional di dalam kelas. Prosesnya pasti akan dibatasi oleh jumlah peserta yang dapat diakomodir dalam satu kelas atau satu angkatan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *