×

Blog

Pendidikan dan Latihan Jarak Jauh

Usaha untuk meningkatkan kompetensi ASN dan Non ASN di lembaga pemerintah terus dilakukan secara berkesinambungan. Hal ini berarti bahwa kesadaran akan pentingnya melakukan upgrade kemampuanĀ  pengetahuan dan keterampilan ASN adalah sebuah keharusan. Dalam prosesnya tentu perlu ada inovasi dan perubahan-perubahan kearah yang lebih baik agar out put dan out come pendidikan dan latihan dapat ditingkatkan.

Sebagai bagian penting dari proses perubahan tersebut, juga merupakan bentuk dari upaya meningkatkan kinerja pegawai ASN dalam menjalankan tupoksinya yang berfokus pada pelayanan publik. Mau tidak mau mekanisme, model dan pendekatan pendidikan dan latihan perlu melakukan adaptasi terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Efektivitas dan efisiensi juga tetap menjadi pertimbangan pokok untuk mewujudkan sebuah model pendidikan dan latihan bagi ASN.

Isu pembelajaran untuk menyongsong Century 21 juga menajdi bagian penting untuk diadaptasi dan sekaligus menjadi tujuan. Proses pendidikan dan latihan bagi ASN diarahkan pada usaha menyiapakan ASN secara paripurna agar dapat beradaptasi pada perubahan abad 21 yang memiliki kecenderungan sangat kuat mengintegrasikan ICT. Dengn demikian, maka proses pendidikan dan latihan harus mampu mengintegrasikan ICT baik dalam bentuk tools maupun sebagai hasil akhir dari kompetensi ASN.

Dalam persfektif Diklat, maka sudah perlu memulai melakukan pendidikan dan latihan dengan tidak hanya menggunakan ICT dalam prosesnya, tetapi juga mengintegrasikan dan mengolabirasikan ICT. Diklat Jarak Jauh menjadi alternatif agar dapat menciptakan habit dan cara pandang positif terhadap ICT. Lahirnya e-learning hingga model blended learning perlu segera diadopsi sedemikian rupa dalam melaksanakan pendidikan dan latihan bagi ASN.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *